Ingin Punya BlackBerry Tapi Dana Terbatas?

Mawan A. Nugroho, 21 Jun 2010 06:12:45 WIB

Harus diakui, BlackBerry sangat fenomenal di Indonesia. Walaupun banyak handset yang lebih mahal dan lebih canggih, tapi masyarakat umum menganggap memiliki handset BlackBerry (BB) berarti mempunyai barang mewah dan pemiliknya berkelas. Menulis status Facebook misalnya, akan terlihat lebih keren jika menggunakan BB. Padahal anggapan ini tidak sepenuhnya benar, walaupun tidak juga sepenuhnya salah. Salah satu yang membuat BB terkesan mewah karena harga handsetnya pernah mencapai di atas 7 juta rupiah dan biaya berlangganannya di atas Rp 150.000 perbulan. Nah, melalui tulisan ini saya akan menjelaskan cara mempunyai BB dengan dana yang seminimal mungkin.

Sampai tulisan ini dibuat, handset BB yang termahal adalah 9000 (Bold) dan 9700 (Onyx). Harganya berkisar antara 4-5 juta rupiah. Jika anda mempunyai uang berlimpah, saya menyarankan agar anda membeli Onyx lalu memilih layanan BlackBerry Internet Service (BIS) full service dari Indosat atau Telkomsel yang tarif perbulannya berkisar antara Rp 150.000-160.000,-

Tapi bagaimana jika dana terbatas?

Handset 8520 (Gemini) adalah handset yang relatif murah tapi tidak banyak kehilangan fitur-fitur yang bagus. Harganya sekitar Rp 2,7 juta. Masih lebih murah daripada Nokia E72 dan hanya beda tipis dengan Nokia E71.

Oke... handset sudah didapat. Lalu rintangan berikutnya adalah memilih layanan. Tidak seperti handset lain, handset BB harus berlangganan layanan dari RIM (pembuat BB) yang bekerjasama dengan operator seluler. Tanpa berlangganan layanan, handset BB hanya akan menjadi handset mahal berfitur payah. Padahal keistimewaan BB justru terletak pada layanan tersebut, yaitu push email, kompresi data, dan akses internet gratis. Bahasa awamnya: yang penting adalah bisa Facebook-an sepuasnya lalu logo BB muncul di setiap status yang ditulis, hehehe...

Bahasan teknis.
Banyak orang tidak bisa membedakan antara push email dengan pull email. Mereka beranggapan, HP biasa pun bisa dijadikan push email, yaitu caranya dengan men-set interval checking ke server email sesering mungkin, misalnya tiap 5 menit sekali. Padahal, proses checking ke server tentu saja membutuhkan biaya GPRS. Semakin sering maka biayanya juga semakin besar. Belum lagi dengan beban yang harus dipikul oleh handset. Akibatnya, baterai cepat habis dan terkesan lemot saat proses checking terjadi.
Berbeda dengan push email. Pada push email, handset justru pasif. Handset baru bereaksi setelah mendapat isyarat dari server bahwa ada email. Prosesnya pun nyaris seketika, tidak seperti pull email yang ada jeda waktu akibat setting interval.


Dan yang harus difahami adalah: Facebook for BlackBerry membutuhkan push email sebagai trigger (pemicu). Cara kerjanya: Jika status anda di Facebook ada yang mengomentari, atau ada yang menulis di dinding anda, atau ada permintaan menjadi teman, dan sebagainya, Facebook akan mengirimkan email. Nah, server RIM tugasnya adalah menyampaikan email tersebut (yang disimpan di Yahoo, Gmail, dsb) ke handset BB sesegera mungkin.

Jadi, untuk bisa ber-Facebook-Ria, BB anda harus berlangganan layanan push email. Lalu, layanan apa yang tidak begitu penting? Untuk menekan biaya, saya menyarankan agar anda mengorbankan layanan browsing gratis. sekedar informasi, paket BIS full servis versus BB versi irit perbedaannya bisa mencapai seratus ribuan. Lagipula, browsing memakai BB tidak nyaman. Jauh lebih nyaman browsing menggunakan PC atau Laptop.

Untuk BIS Full Service, saat ini yang termurah adalah dari Three, yaitu Rp 88.000 + PPN 10% = Rp 96.800,- Tapi mungkin karena lokasi saya yang tidak kondusif, BB saya sering kesulitan mendapatkan data yang lancar dari Three. Akhirnya saya mencari solusi lain yang lebih murah. Ditemukanlah layanan BB versi irit dari XL, Indosat, dan Telkomsel.

Setelah hitung sana-sini, saya menemukan dua layanan paling irit, yaitu Paket BlackBerry Mail & Chatting Bulanan dari Indosat (Rp 55.000/bulan), BlackBerry Lifestyle dari Telkomsel (Rp 60.000/bln). dan BB Gaul Bulanan dari XL (Rp 50.000/bln). Semua sudah termasuk pajak.

Cara berlangganan:
Indosat: Ketik SMS berisi pesan: Gaul Bulanan kirim ke 889
Telkomsel: Ketik SMS berisi pesan: bblifebulan reg kirim ke 333
XL: Ketik SMS berisi pesan: BB Gaul Bulan kirim ke 568

KESIMPULAN: Dana yang harus disediakan agar bisa Facebook-an dan chatting adalah:

Handset BB Gemini Rp 2.700.000,-
Berlangganan layanan BB On Demand: Rp 55.000-Rp 60.000/bulan.


Nah... jadi siapa bilang punya BB itu harus berduit banyak? Kita-kita yang berduit pas-pasan pun bisa menikmatinya tanpa banyak kehilangan fitur penting.



Rujukan:
Indosat
Telkomsel
XL

Bacaan lain:
Garansi paket BlackBerry Telkomsel Mengecewakan

Share on:
Facebook


Komentar-komentar: (Yang sudah disetujui)

dimas pada 23 Jun 2010 05:13:19 WIB menulis:
Nah terus buat apa bapak beli BB ???

Tambah komentar singkat.

Perhatikan!

  1. Komentar anda baru dapat dilihat oleh umum setelah mendapat persetujuan dari Administrator.
  2. Untuk membendung serbuan spam, satu orang hanya boleh mengirimkan 5 komentar perhari. Jumlah komentar anda hari ini: 0 komentar.
  3. Nama ibukota negara kita adalah nama kota yang terletak di antara kota Tangerang dan Bekasi, tujuh karakter.

Pay attention please!

  1. Your comment will be visible to the public after the approval of the Administrator.
  2. To stem the invasion of spams, one person may only submit 5 comments per day. The number of your comments today: 0 comment(s).
  3. Do not waste your time by trying to send spam. I guarantee your efforts will be futile. Okay... Suppose you could probably pass a CAPTCHA test, but you will not be able to pass a special test of us. Trust me!

Nama*:
Email: (akan dirahasiakan)
Komentar*:
Verifikasi*:Ketik dua kata yang meleyot-leyot di bawah ini ke dalam kotak kecil yang sudah disediakan di bawahnya.
  Nama ibukota negara kita*:
  * = Wajib diisi.
Administrator

Username:

Password:

All efforts to enter into this website are logged.
Unique Visitors
0955196
sejak 26 Mei 2010.

Atau rata-rata sekitar 296 pengunjung perhari.

IP addr anda:
54.243.17.113
Facebook
Mawan A. Nugroho

Promote Your Page Too
Mawan's Net

MbahDukun.com
SMK Negeri 1 Tng
SMK PGRI 1 Tng
PGRI.org
Tangerang.net
Mawan.net
Mawan.id
Mawan.my.id
Mawan.or.id
Mawan.web.id
SingleWoles.com
Balekota.com

MKom UBL 10

Blog
Mailing List

© 2010-2019 by Mawan A. Nugroho. All rights reserved.