Mencermati Iklan XL dan Simpati Terbaru

Mawan A. Nugroho, 24 Jul 2010 00:52:50 WIB

Beberapa hari belakangan ini XL dan Simpati gencar menyiarkan iklan yang sepintas sangat menarik. "Gratis Facebook Mobil untuk Siapa Aja," kata iklan XL. Sementara iklan Simpati Freedom salah satu pointnya berbunyi, "Gratis langsung 1 MB internetan & chat gak ada batas waktu."
Saya punya pengalaman "buruk" dengan iklan-iklan operator seluler (GSM maupun CDMA). Pengalaman mengajarkan bahwa setiap kalimat di iklan tersebut ada kelanjutannya, misalnya: "asalkan", "tapi", "setelah", dsb. Kalimat lanjutan itu seringkali ditulis kecil di paling bawah iklan, atau kita diminta membacanya di website. Apakah salah? Rasanya tidak. Tapi cuma "kurang etis". Sama seperti memori komputer. Satu kilobyte seharusnya 1024 byte, tapi menurut produsen memory adalah 1000 byte.

Oke, kembali ke pokok bahasan.

Secara singkat bisa dijelaskan bahwa Gratis Facebook Mobile di kartu XL hanya sampai 30 September 2010. Setelah itu dikenakan tarif Rp 5/Kb. Yang gratis pun hanya http://m.facebook.com, bukan http://www.facebook.com.

Beberapa menit yang lalu, saya membuka halaman Facebook Mobile. Satu halaman berukuran 60 Kb. Jadi setelah tanggal 30 September 2010, sekali kita melihat satu halaman Facebook, tarifnya adalah Rp 300. Murah? Tunggu dulu. Jika yang kita lakukan adalah menulis status, membaca status, mengomentari status orang, membaca komentar orang, dan sebagainya, mungkin kita secara tidak sadar telah membuka 20 halaman. Artinya sekali main Facebook bisa kena biaya Rp 6000. Cukup lumayan berat untuk kantong anak sekolah.

Sekarang bagaimana dengan Simpati Freedom?
Wow... peraturannya panjang! Halaman web Simpati Freedom jika diprint membutuhkan 4 halaman A4. Waduh... hidup saya sudah terlalu rumit. Jadi saya menyerah jika harus mempelajari 4 halaman peraturan-peraturan tersebut. Saya hanya akan mencermati tentang tarif paket data (internet).

Pengguna simPATI dapat menikmati tarif murah Rp 0,1/KB setelah pemakaian 501 KB pertama.
Tarif yang berlaku untuk 501 KB pertama adalah Rp 15/3 KB untuk dan selanjutnya Rp 0,3/3 KB tak terbatas.

Jadi, 501 Kb pertama (sepadan dengan 8 halaman Facebook Mobile) tarifnya adalah Rp 2505. Jika kita membuka 20 halaman Facebook Mobile berarti 12 halaman berikutnya dikenai biaya Rp 72. Total biaya yang dikeluarkan untuk membuka 20 halaman Facebook adalah Rp 2577.

Duh... mengapa Operator Besar masih sering menggunakan peraturan-peraturan rumit yang tidak populer? Saya justru salut kepada Axis, Three, Smart, dan Esia. Mereka operator kecil, namun tidak banyak peraturannya. Kita cukup menghafal: Tarif SMS sekian, tarif telepon sekian per menit, dan tarif akses data sekian per kilobyte. Sudah. Tidak ada tapi-tapian.

Share on:
Facebook


Komentar-komentar: (Yang sudah disetujui)

Meli pada 24 Jul 2010 01:27:45 WIB menulis:
Wah,pa mawan ternyata pengamat juga ya!emank bener tuh,kalo iklan mah tipuan smua,rese!kbtulan sy pke axis,tdiny 3,tp rda lemot!hho

Tambah komentar singkat.

Perhatikan!

  1. Komentar anda baru dapat dilihat oleh umum setelah mendapat persetujuan dari Administrator.
  2. Untuk membendung serbuan spam, satu orang hanya boleh mengirimkan 5 komentar perhari. Jumlah komentar anda hari ini: 0 komentar.
  3. Nama ibukota negara kita adalah nama kota yang terletak di antara kota Tangerang dan Bekasi, tujuh karakter.

Pay attention please!

  1. Your comment will be visible to the public after the approval of the Administrator.
  2. To stem the invasion of spams, one person may only submit 5 comments per day. The number of your comments today: 0 comment(s).
  3. Do not waste your time by trying to send spam. I guarantee your efforts will be futile. Okay... Suppose you could probably pass a CAPTCHA test, but you will not be able to pass a special test of us. Trust me!

Nama*:
Email: (akan dirahasiakan)
Komentar*:
Verifikasi*:Ketik dua kata yang meleyot-leyot di bawah ini ke dalam kotak kecil yang sudah disediakan di bawahnya.
  Nama ibukota negara kita*:
  * = Wajib diisi.
Administrator

Username:

Password:

All efforts to enter into this website are logged.
Unique Visitors
0955182
sejak 26 Mei 2010.

Atau rata-rata sekitar 296 pengunjung perhari.

IP addr anda:
54.243.17.113
Facebook
Mawan A. Nugroho

Promote Your Page Too
Mawan's Net

MbahDukun.com
SMK Negeri 1 Tng
SMK PGRI 1 Tng
PGRI.org
Tangerang.net
Mawan.net
Mawan.id
Mawan.my.id
Mawan.or.id
Mawan.web.id
SingleWoles.com
Balekota.com

MKom UBL 10

Blog
Mailing List

© 2010-2019 by Mawan A. Nugroho. All rights reserved.