Jangan Takut UN, Semua Lulus 100%!

Mawan A. Nugroho, 27 Mei 2012 12:07:39 WIB

Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SLTA sederajat serentak dilakukan diseluruh indonesia pada hari ini (16/4). Tidak banyak perubahan pada UN kali ini. Bahkan rata-rata kabupaten/kota diseluruh indonesia berani menargetkan kelulusan 100%. Kenapa bisa begitu?

Mari kita lihat point pokok persyaratan kelulusan UN tingkat SLTA ini:

1) Nilai Sekolah (NS) adalah gabungan antara nilai Ujian Sekolah (US) dan nilai rata-rata rapor semester 3, 4, dan 5 dengan pembobotan 60% untuk nilai US dan 40% untuk nilai rata-rata rapor.

2) Nilai Akhir (NA) adalah gabungan NS dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dengan Nilai UN, dengan pembobotan 40% untuk NS dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan 60% untuk Nilai UN.

3) Peserta didik dinyatakan lulus UN apabila nilai rata-rata dari semua NA mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol).

Kalau dirumuskan, NA= (40% x NS) + (60% x UN)

Nah, Nilai Sekolah (NS) itu sudah dikirim ke pusat. Hasilnya pun dapat dipastikan lebih tinggi atau sama dengan Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) permata pelajaran yang biasanya adalah adalah 7,5. Jadi jika taroklah sebodoh-bod0hnya anak jika “diluluskan” oleh gurunya baik untuk Rapot maupun Ujian Sekolahnya (US) maka NS matapelajaran tersebut tentu sama dengan KKM yaitu 7,5. jika dikalikan dengan 40% akan didapat hasil : 3,0. Jika rata-rata kelulusan, NA-nya adalah 5,5 maka bobot yang harus dicari anak supaya lulus UN adalah 5,5 -3,0 = 2,5. Untuk mendapatkan bobot 2,5 ini si anak harus mendapat nilai 4,2. Atau kalau nilai paling rendah dibolehkan 4,0 dengan catatan rata-rata semua mapel UN adalah 5,5 maka nilai UN nya bobotnya 4,0 -3,0 = 1,0.

Anggaplah jumlah soal adalah 50, maka untuk mendapatkan nilai 4,2 itu si anak harus betul minimal 21 buah soal saja. Apalagi kalau untuk mendapatkan bobot 1,0 yang berarti nilai si anak adalah 2,5 dengan jumlah soal yang betul adalah cukup 13 saja. Bukankah sekolah sudah memberikan jam tambahan seperti terobosan, tambah lagi bimbel, dan lain-lain?

Maka tidak ada yang perlu dirisaukan dengan Ujian Nasional pada hari ini. Karena toh yang harus dicari hanya betul lebih kurang 21 soal untuk lulus minimal 5,5 untuk jumlah soal 50 atau 13 soal untuk lulus dengan nilai 4,0 dengan catatan mata pelajaran yang lain nilainya tinggi sehingga rata-rata akhir semua mapel adalah 5,5.

Kesimpulannya kalo hanya untuk menargetkan kelulusan 100% maka kecurangan -kecurangan tidak perlu dilakukan. Percayakan saja sama anak didik kita, bereslah itu!

Tapi kalau berbicara kualitas, lain soal. Kenapa?

Akan sangat lucu kalau Nilai Sekolah (NS) semua matapelajaran si anak adalah 7,5, tapi Nilai UN nya semuanya adalah 4,2 atau 2,5. Deviasi yang besar ini tentu akan mengundang pertanyaan: Kok nilai UN nya rendah sedang NS nya tinggi? kalo sudah begini, Sekolah akan dicurigai tidak jujur dalam memberi nilai anak karena tidak tergambar pada kemampuannya menjawab soal UN. Makanya sekolah berlomba-lomba agar Nilai UN anaknya tinggi, minimal sama atau mendekati NS. Bagaimana caranya?

Semua kita sudah tahu.

Sumber: http://edukasi.kompasiana.com/2012/04/16/jangan-takut-un-semua-lulus-100/

Share on:
Facebook


Belum ada komentar untuk artikel ini.

Tambah komentar singkat.

Perhatikan!

  1. Komentar anda baru dapat dilihat oleh umum setelah mendapat persetujuan dari Administrator.
  2. Untuk membendung serbuan spam, satu orang hanya boleh mengirimkan 5 komentar perhari. Jumlah komentar anda hari ini: 0 komentar.
  3. Nama ibukota negara kita adalah nama kota yang terletak di antara kota Tangerang dan Bekasi, tujuh karakter.

Pay attention please!

  1. Your comment will be visible to the public after the approval of the Administrator.
  2. To stem the invasion of spams, one person may only submit 5 comments per day. The number of your comments today: 0 comment(s).
  3. Do not waste your time by trying to send spam. I guarantee your efforts will be futile. Okay... Suppose you could probably pass a CAPTCHA test, but you will not be able to pass a special test of us. Trust me!

Nama*:
Email: (akan dirahasiakan)
Komentar*:
Verifikasi*:Ketik dua kata yang meleyot-leyot di bawah ini ke dalam kotak kecil yang sudah disediakan di bawahnya.
  Nama ibukota negara kita*:
  * = Wajib diisi.
Administrator

Username:

Password:

All efforts to enter into this website are logged.
Unique Visitors
0929267
sejak 26 Mei 2010.

Atau rata-rata sekitar 297 pengunjung perhari.

IP addr anda:
54.82.10.219
Facebook
Mawan A. Nugroho

Promote Your Page Too
Mawan's Net

MbahDukun.com
SMK Negeri 1 Tng
SMK PGRI 1 Tng
PGRI.org
Tangerang.net
Mawan.net
Mawan.id
Mawan.my.id
Mawan.or.id
Mawan.web.id
SingleWoles.com
Balekota.com

MKom UBL 10

Blog
Mailing List

© 2010-2018 by Mawan A. Nugroho. All rights reserved.