Cara Jitu Menghadapi SMS Iklan

Mawan A. Nugroho, 30 Jul 2013 03:57:49 WIB

Apakah nomor HP Anda setiap hari dibombardir SMS iklan? Mau ganti nomor HP kok rasanya sayang, sebab nomor HP anda termasuk nomor cantik dan sudah banyak kerabat yang mencatat. Tapi jika disimpan, anda kesal karena tiap hari menerima banyak SMS iklan tentang Kredit Tanpa Agunan, Jasa penutupan kartu kredit, bahkan sampai iklan penipuan "Selamat, anda menjadi pemenang promo bla bla bla." Bagaimana caranya sampai nomor HP anda bisa masuk ke dalam database SMS massal, dan bagaimana cara jitu melawannya? Baca artikel saya berikut ini.

Nomor HP anda bisa masuk ke dalam database SMS massal karena beberapa cara. Yang paling umum adalah saat anda mengisi formulir di mall, misalnya saat membeli produk makanan lalu oleh SPG-nya anda diminta menuliskan nomor HP. Si SPG ini hanya disuruh, jadi dia sama sekali tidak tahu akan diapakan nomor HP yang dikumpulkan. Cara lain adalah saat anda mengajukan aplikasi kartu kredit di mall. Di dalam aplikasi tersebut ada rentang gaji, pengeluaran perbulan, dsb.
Setelah nomor HP terjaring, maka bisa saja nomor HP anda dijual dengan harga Rp 20. Cobalah anda Googling di Internet lalu ketik: Database nomor HP aktif. Akan banyak bermunculan jasa yang menawarkan jutaan nomor HP aktif. Beberapa malah ada yang mengklaim memiliki 75 juta nomor HP aktif dan berani memberikan garansi uang kembali jika nomornya tidak aktif.
Sebenarnya, saya pikir orang yang membeli database ini sangat bodoh. Mengapa bodoh? Orang-orang yang nomor HPnya berada di dalam database tersebut pasti setiap hari menerima 3-5 SMS iklan, bahkan bisa sampai 10 SMS jika dulu pernah menuliskan gajinya besar dan punya nomor Kartu Kredit. Nah, orang-orang yang menjadi korban ini akan muak setiap menerima SMS iklan. Boro-boro dibaca sampai habis. Baru membaca 2 kata awal saja sudah langsung dihapus. Jadi jika anda termasuk telemarketer yang berniat mengiklankan produk anda via SMS yang nomornya didapat dari penjual database nomor HP di Internet, pikirkan berulang kali. Jangan sampai anda keluar uang ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah tapi anda menerima nomor HP yang dijual bukan saja kepada anda, tapi kepada puluhan orang yang juga setiap hari mengirimkan SMS iklan seperti anda. Percayalah, SMS anda tidak akan dibaca! Para pemilik nomor HP ini setiap hari sudah menerima SMS seperti yang akan anda sebarkan, selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

LALU BAGAIMANA SOLUSINYA?

SMS iklan yang tersaring filterBagi para pengiklan: Cobalah jaring nomor HP langsung dari masyarakat. Jangan pernah membeli nomor HP yang diiklankan di internet karena nomor-nomor ini setiap hari sudah menerima banyak SMS iklan sehingga tidak akan efektif, justru malah anti anti pada SMS iklan. Ada database yang recordnya didapat 2-3 tahun yang lalu tapi masih tetap dijual.
Buat masyarakat yang menjadi korban, ada cara mudah menyelesaikan masalah anda, tanpa perlu ganti nomor HP.
Banyak aplikasi yang berjalan di HP BlackBerry maupun di HP Android, yang bisa menyaring SMS iklan. Untuk BlackBerry misalnya bernama Antair SMS Filter. Masukkan saja kata-kata yang sering digunakan para telemarketer, misalnya KTA atau Promo. Anda mungkin perlu menuliskan 10 sampai 20 kata kunci agar 99% SMS iklan bisa tersaring.
Bagi pemilik Samsung Galaxy S4 malah lebih beruntung lagi, karena aplikasi filter ini sudah ada dari sononya. Anda tidak perlu membeli lagi. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Messaging.
2. Options.
3. Settings.
4. Beri tanda checklist pada Spam Settings.
5. Add to spam phrases.
6. Ketikkan kata-kata yang sering digunakan para telemarketing.

Jika anda mau lebih "sadis" lagi, pilih Block unknown senders sehingga pengirim yang nomornya tidak ada di Address Book langsung dihapus SMSnya.
Itu untuk menyaring SMS. Bagaimana dengan telepon dari para telemarketer dan juga penipu? Pemilik Samsung Galaxy S4 bisa membatasi hanya orang-orang yang nomornya ada di Address Book saja yang bisa menelepon, sedangkan nomor yang tidak dikenal langsung direject. Begini caranya.

1. Phone.
2. Options.
3. Call settings.
4. Call rejection.
5. Auto reject mode > Auto reject numbers.
6. Auto reject list > Unknown.

Cara ini mungkin juga bisa berlaku di HP Android lainnya. Silakan eksplorasi fitur-fitur yang ada di HP anda, atau beli saja aplikasinya di Play Store. Murah kok, tidak lebih mahal dari sebuah Fried Chicken.

Apakah cara ini efektif? Sangat efektif. Saya sudah membuktikan, hehehe...

Share on:
Facebook


Belum ada komentar untuk artikel ini.

Tambah komentar singkat.

Perhatikan!

  1. Komentar anda baru dapat dilihat oleh umum setelah mendapat persetujuan dari Administrator.
  2. Untuk membendung serbuan spam, satu orang hanya boleh mengirimkan 5 komentar perhari. Jumlah komentar anda hari ini: 0 komentar.
  3. Nama ibukota negara kita adalah nama kota yang terletak di antara kota Tangerang dan Bekasi, tujuh karakter.

Pay attention please!

  1. Your comment will be visible to the public after the approval of the Administrator.
  2. To stem the invasion of spams, one person may only submit 5 comments per day. The number of your comments today: 0 comment(s).
  3. Do not waste your time by trying to send spam. I guarantee your efforts will be futile. Okay... Suppose you could probably pass a CAPTCHA test, but you will not be able to pass a special test of us. Trust me!

Nama*:
Email: (akan dirahasiakan)
Komentar*:
Verifikasi*:Ketik dua kata yang meleyot-leyot di bawah ini ke dalam kotak kecil yang sudah disediakan di bawahnya.
  Nama ibukota negara kita*:
  * = Wajib diisi.
Administrator

Username:

Password:

All efforts to enter into this website are logged.
Unique Visitors
1034623
sejak 26 Mei 2010.

Atau rata-rata sekitar 302 pengunjung perhari.

IP addr anda:
18.210.22.132
Facebook
Mawan A. Nugroho

Promote Your Page Too
Mawan's Net

MbahDukun.com
SMK Negeri 1 Tng
SMK PGRI 1 Tng
PGRI.org
Tangerang.net
Mawan.net
Mawan.id
Mawan.my.id
Mawan.or.id
Mawan.web.id
SingleWoles.com
Balekota.com

MKom UBL 10

Blog
Mailing List

© 2010-2019 by Mawan A. Nugroho. All rights reserved.