Cara Menginstall Apache, MySQL dan PHP di Windows

Mawan A. Nugroho, 27 Nop 2016 12:22:33 WIB

Sebagai seorang guru dan juga dosén yang mengajar Pemrograman Web sejak tahun 2004, saya mendapat pengalaman berharga tentang memasang Windows + Apache + MySQL + PHP (WAMP) di laptop siswa. Lupakan memasang itu secara manual, sebab hanya cocok diajarkan bagi pelajar cerdas yang mengambil Kompeténsi Keahlian TKJ atau RPL, sedangkan untuk siswa Multimédia atau mahasiswa Sistem Informasi tampaknya harus dicari cara lebih instan karena meréka lebih fokus kepada penggunaannya, bukan pada hal-hal téknis.

Maka saya memilih WAMP Stack. Gampang-gampang susah. Dibilang gampang karena siswa cukup mengunduh WAMP Stack kemudian jalankan instalasinya dengan mengklik Next, Accept, OK, Finish, dan Close. Dibilang susah karena WAMP Stack tertentu bisa dipasang dengan lancar di laptop siswa A tapi bermasalah di laptop siswa B.

Berbagai WAMP Stack pernah saya coba, dari mulai yang terkenal seperti XAMPP, WampServer, EasyPHP, dan Uwamp, sampai yang namanya anéh misalnya VertrigoServ. Masing-masing mempunyai keistiméwaan. Juga selalu suksés dipasang di laptopku. Tapi masing-masing juga mempunyai kesamaan yaitu tidak pernah 100% suksés dipasang di laptop siswa. Saya menduga karena laptop meréka tidak rajin diupdate, tidak terpasang .NET Frameworks terbaru, atau bervirus. Entahlah, sepertinya ini akan menjadi misteri kehidupan yang tak pernah terpecahkan seperti kasus Jack The Ripper, héhéhé...

Oké... sekarang saya mau berbagi pengalaman.

Untuk WAMP Stack, saya menyarankan memakai Modul WAMP Stack buatan Bitnami. Kata Modul sengaja ditebalkan karena Bitnami membuat 2 vérsi WAMP Stack. Vérsi pertama adalah yang lengkap isinya tapi berdiri sendiri. Ada Apache, MySQL, PHP, dan satu CMS tertentu. Jadi kalau misalnya kita hendak memasang Wordpress di laptop, cukup unduh aplikasinya di alamat https://bitnami.com/stack/wordpress. Maka tak lama kemudian di laptop akan tersedia Apache, PHP, MySQL, dan Wordpress.
Vérsi ke 2 adalah yang berupa modul. Kita harus memasang Bitnami WAMP Stack di https://bitnami.com/stack/wamp/installer kemudian menambahkan modul Wordpress yang bisa diunduh di https://bitnami.com/stack/wamp/modules. Keistiméwaan dari vérsi ke 2 ini adalah di dalam satu Bitnami WAMP Stack bisa dipasang beberapa modul CMS misalnya Wordpress, Moodle, dan sebagainya. Saya sangat menyarankan cara ini.
Root folder untuk WWW ada di \Bitnami\wampstack-x.x.xx-x\apache2\htdocs di mana xx adalah nomor vérsi. Beritahu siswa agar menaruh file-file PHP buatan sendiri di folder tersebut, atau di sub foldernya.

Sekian pembahasan tentang cara menginstall WAMP di laptop secara mudah dan instan. Kalau ada waktu senggang, akan saya tambahkan tutorialnya.

Mawan A. Nugroho.

Share on:
Facebook


Belum ada komentar untuk artikel ini.

Tambah komentar singkat.

Perhatikan!

  1. Komentar anda baru dapat dilihat oleh umum setelah mendapat persetujuan dari Administrator.
  2. Untuk membendung serbuan spam, satu orang hanya boleh mengirimkan 5 komentar perhari. Jumlah komentar anda hari ini: 0 komentar.
  3. Nama ibukota negara kita adalah nama kota yang terletak di antara kota Tangerang dan Bekasi, tujuh karakter.

Pay attention please!

  1. Your comment will be visible to the public after the approval of the Administrator.
  2. To stem the invasion of spams, one person may only submit 5 comments per day. The number of your comments today: 0 comment(s).
  3. Do not waste your time by trying to send spam. I guarantee your efforts will be futile. Okay... Suppose you could probably pass a CAPTCHA test, but you will not be able to pass a special test of us. Trust me!

Nama*:
Email: (akan dirahasiakan)
Komentar*:
Verifikasi*:Ketik dua kata yang meleyot-leyot di bawah ini ke dalam kotak kecil yang sudah disediakan di bawahnya.
  Nama ibukota negara kita*:
  * = Wajib diisi.
Administrator

Username:

Password:

All efforts to enter into this website are logged.
Unique Visitors
0781553
sejak 26 Mei 2010.

Atau rata-rata sekitar 286 pengunjung perhari.

IP addr anda:
54.156.92.243
Facebook
Mawan A. Nugroho

Promote Your Page Too
Mawan's Net

MbahDukun.com
SMK Negeri 1 Tng
SMK PGRI 1 Tng
PGRI.org
Tangerang.net
Mawan.net
Mawan.id
Mawan.my.id
Mawan.or.id
Mawan.web.id
SingleWoles.com
Balekota.com

MKom UBL 10

Blog
Mailing List

© 2010-2017 by Mawan A. Nugroho. All rights reserved.