Selamat Tinggal

Mawan A. Nugroho, 31 Des 2016 23:59:59 WIB

Telah 5½ tahun blog ini beroperasi, tepatnya sejak 24 Mei 2010. Saya tidak menduga bahwa blog ini bisa bertahan selama itu, karena awalnya blog ini dibangun dari nol untuk menjelaskan kepada para murid saya, tentang bagaimana cara membuat website dinamis yang memakai PHP dan MySQL. Kemudian ditambahkan fitur login dan logout agar admin dapat menambah, mengubah, dan menghapus artikel.

Domain mawan.or.id sendiri telah berusia lebih tua, tepatnya dibuat pada 13 Oktober 1999. Servernya berganti-ganti. Pernah memakai web hosting gratis yang disediakan oleh dial-up ISP. Anda yang seusia saya pasti mengalami masa-masa kejayaan modem 56 kbps dan Telkomnet Instan. Pernah memakai Front Page untuk mendesain web. Kemudian berganti dengan Macromedia Dreamweaver.

Intinya bahwa mawan.or.id telah mengalami berbagai macam teknologi yang ada di Internet. Ini merupakan suatu pengalaman berharga bagi saya.

Namun, perkembangan teknologi lebih cepat dari pada yang dapat saya lakukan untuk beradaptasi. Dulu, website dengan tabel dan bentuk-bentuk 3D adalah keren. Tapi kini zaman telah berubah. Semua website bergerak ke arah responsif, yang berarti layout tidak bisa lagi memakai tabel melainkan harus memakai CSS.

Cara koneksi ke database pun berubah. Dulu masih bisa memakai mysql, kemudian berubah menjadi mysqli dan kini disarankan memakai PDO. Ini membuat saya terpaksa mengambil keputusan berat, yaitu menghentikan pengelolaan website ini.

Biarkan website ini tetap ada di Museum Internet sebagai saksi sejarah penemuan peradaban terbesar umat manusia, yaitu Internet.

Saatnya saya beralih ke Mawan.net yang memakai Wordpress, dan dengan berat hati saya harus berkata, "Selamat tinggal. Sampai jumpa lagi di website saya yang baru."

Share on:
Facebook


Belum ada komentar untuk artikel ini.

Tambah komentar singkat.

Perhatikan!

  1. Komentar anda baru dapat dilihat oleh umum setelah mendapat persetujuan dari Administrator.
  2. Untuk membendung serbuan spam, satu orang hanya boleh mengirimkan 5 komentar perhari. Jumlah komentar anda hari ini: 0 komentar.
  3. Nama ibukota negara kita adalah nama kota yang terletak di antara kota Tangerang dan Bekasi, tujuh karakter.

Pay attention please!

  1. Your comment will be visible to the public after the approval of the Administrator.
  2. To stem the invasion of spams, one person may only submit 5 comments per day. The number of your comments today: 0 comment(s).
  3. Do not waste your time by trying to send spam. I guarantee your efforts will be futile. Okay... Suppose you could probably pass a CAPTCHA test, but you will not be able to pass a special test of us. Trust me!

Nama*:
Email: (akan dirahasiakan)
Komentar*:
Verifikasi*:Ketik dua kata yang meleyot-leyot di bawah ini ke dalam kotak kecil yang sudah disediakan di bawahnya.
  Nama ibukota negara kita*:
  * = Wajib diisi.
Administrator

Username:

Password:

All efforts to enter into this website are logged.
Unique Visitors
1302838
sejak 26 Mei 2010.

Atau rata-rata sekitar 252 pengunjung perhari.

IP addr anda:
172.70.43.24
Facebook
Mawan A. Nugroho

Promote Your Page Too
Mawan's Net

MbahDukun.com
SMK Negeri 1 Tng
SMK PGRI 1 Tng
PGRI.org
Tangerang.net
Mawan.net
Mawan.id
Mawan.my.id
Mawan.or.id
Mawan.web.id
SingleWoles.com
Balekota.com

MKom UBL 10

Blog
Mailing List

© 2010-2024 by Mawan A. Nugroho. All rights reserved.